Belajar Teknik Panning dalam Fotografi

Belajar Teknik Panning dalam Fotografi
Belajar Teknik Panning dalam Fotografi. Sebelum kita mencoba mempelajari teknik panning dalam fotografi, alangkah baiknya jika mengenal terlebih dahulu mengenal apa yang dimaksud dengan teknik panning dalam fotografi? Foto panning adalah teknik pengambilan suatu objek yang sedang bergerak oleh kamera.

Pergerakan objek ketika di capture oleh kamera ini akan menghasilkan background di sekitar objek menjadi blur atau kabur, sehingga foto yang dihasilkan menggambarkan foto objek yang seolah-olah memang sedang bergerak. 
Teknik foto panning bisa dilakukan pada objek yang sedang bergerak, sehingga kamera harus terus diarahkan mengikuti arah pergerakan objek. Kedengarannya cukup mudah, tetapi banyak orang yang justru menilai bahwa teknik yang satu ini cukup sulit untuk dikuasai.

Oleh karena itu memang dibutuhkan latihan dan terus bereksperimen untuk menguasainya, karena hasil teknik panning dalam fotografi ini akan menghasilkan hasil gambar yang benar-benar sangat eye-catching.
Jadi, bagaimana cara kita mempelajari teknik ini? Berikut akan kami bagikan beberapa tips jitu mengenai cara belajar teknik panning dalam fotografi. 


Belajar Teknik Panning

  1. Oleh karena proses pengambilan gambar objek yang terus bergerak, ini berarti fokus kamera juga mesti terus berubah mengikuti posisi objek. Oleh karena itu, menggunakan autofocus rasanya lebih efektif. Sekarang ini hampir semua kamera digital yang beredar di masyarakat sudah dilengkapi dengan fitur autofocus ini.
  
  • Memakai mode shutter priority atau kecepatan rana dengan kecepatan lambat. Teknik panning akan menjadi lebih mudah jika kita memakai mode ini, sehingga kita hanya tinggal mengatur kecepatan sesuai dengan yang kita inginkan, selebihnya biarkan aperture menyesuaikan secara otomatis mengikuti perubahan posisi objek.
      
  • Ketika kita akan melakukan teknik panning, hal lain yang perlu kita ingat adalah bahwa fokus kamera akan terus berubah dari satu titik ke titik berikutnya secara terus menerus mengikuti posisi objek, oleh karena itu sangat penting untuk tetap menjaga posisi kamera agar tetap selalu sejajar dengan posisi objek. Sebagian orang kerap mengalami kesulitan untuk menjaga posisi ideal ini, karena alasan itulah penggunaan monopod atau tripod dengan ballhead yang dapat diputar sangat cocok untuk teknik ini.

    Tapi bagi anda yang sudah cukup menguasai teknik panning ini, maka tidak perlu lagi memakai bantuan monopod atau tripod.

    Tips agar objek tetap terlihat tajam, maka gerakan lensa harus tenang dan stabil dan arahnya hanya pada sumbu horisontal saja : dari kanan ke kiri atau sebaliknya tanpa diikuti gerakan naik atau turun. Pilih objek yang bergerak dan memiliki background yang cerah dan memiliki warna-warna yang menarik, banyak detail dan memungkinkan fokus terarah pada subjek untuk mendapatkan foto panning yang memiliki background yang menarik.
     
  • Tentu akan terasa sulit ketika kita baru memulai mempelajari teknik panning. Tak jarang, gambar yang kita ambil hanya terekam sebagian atau bahkan terpotong karena pergerakan objek yang terus menerus. 

  • Untuk itu, di awal pembelajaran teknik ini sebaiknya kita berupaya untuk menempatkan objek pada frame yang cukup luas, jangan terlalu ketat, kasih ruangan didepan dan belakang objek sehingga kita cukup leluasa melakukan panning dan subyek-pun utuh tertangkap dalam frame. Kemudian rekam gambar objek dengan tidak terlalu di zoom, hal ini dilakukan supaya objek bisa terekam secara utuh, sedangkan untuk pengaturan hasilnya nanti kita bisa melakukan croping pada saat pengaturan komposisi.

    Setelah membaca belajar teknik panning dalam fotografi di atas saatnya anda keluar dan cari objek sebanyak mungkin, maka hasil teknik panning anda akan semakin bagus dan bisa bersaing dengan hasil foto-foto para profesional

    0 komentar: